oleh

671 Sarjana dan 40 Magister IAIN Kerinci Diwisudakan

-Pendidikan-338 Pembaca

SUNGAIPENUH – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, Dr. Y. Sonafist, M.Ag mewisuda sebanyak 711 mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya di perguruan tinggi tersebut. Proses wisuda berlangsung hari Sabtu (28/4/2018).

Hadir dalam wisuda ini para Doktor IAIN Kerinci, Dekan dan Wakil Dekan, para dosen, karyawan dan wali mahasiswa. Proses wisuda yang berlangsung selama satu hari ini diselenggarakan di Kampus Utama di Desa Sumur Gedang Kota Sungai Penuh.

Selain dari civitas akademika IAIN Kerinci, acara itu juga dihadiri Wali Kota Sungai, Bupati Kerinci beserta unsur forkopimda.

Rektor IAIN Kerinci, Dr. Y. Sonafist, M.Ag dalam sambutannya mengatakan, dari jumlah tersebut, 30 di antaranya berhasil meraih nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) cumlaude, yaitu nilai istimewa.

Dalam acara wisuda ini, ke-30 mahasiswa yang berhasil meraih nilai istimewa ini juga diberikan penghargaan oleh Rektor IAIN Kerinci disaksikan ribuan undangan, dan para lulusan.

Secara rinci, kata Sonafist, 711 lulusan ini berasal dari program Pascasarjana 40 orang; Fakultas Syariah 100 lulusan; Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) 499 lulusan; Fakultas Ushuluddin Ushuluddin Adab dan Dakwah 9 lulusan; serta dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 63 lulusan.

Selain lulusan terbaik, turut diserahkan penghargaan kepada 8 orang bintang kampus. Mereka adalah mahasiswa yang berhasil menorehkan prestasi baik di tingkat kabupaten, rovinsi maupun Nasional.

Rektor IAIN Kerinci, Dr. Y. Sonafist, M.Ag menambahkan, wisuda angkatan ke-2 ini istimewa karena berbarengan dengan acara peresmian IAIN Kerinci oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2017.

“Alhamdulillah setelah wisuda ini, kita akan didatangi Menteri Agama, Dirjen Pendidikan Islam dan lain-lain dalam rangka peresmian IAIN Kerinci setelah beralih status dari STAIN,” katanya.

Rektor juga menyampaikan beberapa kemajuan yang telah diraih kampus yang dipimpinnya, mulai dari penambahan program studi hingga peningkatan kualitas dosen.

“IAIN Kerinci terus berbenah dan akan terus berinovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Saat ini kita sudah punya 30 orang doktor, tahun depan mudah-mudahan sudah bertambah menjadi 40 orang,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Kerinci yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Drs. Julizarman, M.H mengatakan, Pemkab Kerinci ikut berbahagia karena STAIN Kerinci sudah beralih status menjadi IAIN Kerinci.

“Kami turut bahagia dan bangga bahwa di Kerinci sekarang sudah ada Institut Agama Islam Negeri, kedepan kami mendorong dan mensupport agar kampus ini bisa menjadi Universitas Islam Negeri,” katanya.

Hal senada disampaikan Staf Ahli Wali Kota Sungai Penuh, Abdul Gafar, S.Pd, dirinya berharap pendidikan di IAIN Kerinci semakin berkualitas.

“Bapak Wali Kota adalah bagian dari IAIN Kerinci, beliau sangat mendukung kampus ini untuk terus mengembangkan diri,” katanya.

“Harapan beliau, alumni IAIN Kerinci dapat berkecipung dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan agama,” pungkasnya. (Dhy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini